Selain pengetahuan tentang jenis-jenis teks dan unsur-unsur gramatikalnya, kemampuan untuk menerapkan strategi membaca juga harus dimiliki agar kita memahami arti dari suatu teks. Adapun sub-sub keterampilan membaca adalah scanning, skimming dan reading for detail.
Scanning adalah keterampilan untuk mencari informasi tertentu dalam suatu teks bacaan. Kadang kita tidak perlu membaca seluruh kalimat secara detil untuk menemukan informasi yang kita perlukan. Misalnya, saat kita mencari nomor telepon seseorang di buku panduan telepon, biasanya yang kita lakukan adalah mencari bagian yang berisi huruf pertama dari nama orang tersebut lalu mata kita akan secara cepat menelusuri nama-nama yang ada di halaman itu sampai kita menemukan nama orang yang kita cari.
Skimming adalah membaca suatu teks secara cepat untuk dapat menemukan gambaran umum (main idea) dari teks bacaan tersebut. Ketika kita membaca koran misalnya, ada sebuah judul yang menarik perhatian kita. Jika kita kemudian membaca teks tersebut dengan cepat lalu mengetahui pokok pembicaraan dari teks maka kita telah melakukan skimming. Pada tahap ini, hal-hal detil tidak dicermati.
Sub keterampilan membaca yang ketiga adalah reading for detail. Tujuan membaca adalah untuk mencari detil dari suatu topik. Melanjutkan contoh sebelumnya, jika kemudian kita tertarik untuk mengetahui a lasan mengapa pihak-pihak tertentu meragukan bahwa manusia benar-benar pernah mendarat di bulan, maka kita akam membaca teks tersebut dengan cukup waktu untuk mencari tahu tentang alasan tersebut.
Contoh lain, jika kita membaca proposal kegiatan, tentunya kita perlu mengetahui beberapa hal tentang kegiatan tersebut, misalnya tujuan, jenis dan rancangan kegiatan, alokasi dana, dan waktu pelaksanaan. Selain ketiga hal utama tersebut, kemampuan membaca juga sering dikaitkan dengan pengetahuan tentang keseluruhan isi teks yang diwakili oleh pertanyaan tentang referents, makna kata, dan kadang-kadang grammar/tata bahasa.
Adapun jenis-jenis pertanyaan yang biasanya diajukan dalam menguji kemampuan pemahaman bacaan (reading comprehension) adalah sebagai berikut:
A. Untuk menanyakan tentang gambaran umum suatu teks, pertanyaan -pertanyaannya
adalah:
- What is the topic of the passage?
- What is the subject of the passage?
- The passage is about ….
- What is the best title for the text?
- What is the text ab out?
- What does the text tell you about?
- What is the author’s main point in the passage?
- With what is the author primarily concerned?
- Which of the following would be the best title?
- What would be the best title for this text?
- What is the writer complaining about in the letter/text/etc.?
adalah:
- What is the main idea of the text?
- What is the writer’s main point in the passage?
Jawaban atas pertanyaan semacam ini biasanya bisa ditemukan pada kalimat-kalimat awal dari masing-masing paragraph.
C. Untuk menanyakan tentang informasi rinci jenis-jenis pertanyaannya adalah:
- According to the passage ….
- It is stated in the passage ….
- The passage indicates that …..
- The author mentions that ….
- Which of the following is true?
- The text covers how many drilling methods?
- Which position requires knowledge of computers?
- Which aspect is the most influential to the field workers?
Cara menjawabnya bisa dengan memilih kata-kata kunci yang ada dalam pertanyaan, lalu carilah lokasi kata -kata tersebut di dalam bacaan. Setelah ditemukan, bacalah dengan seksama bagian tersebut.
D. Untuk menanyakan tentang informasi tersirat, jenis-jenis pertanyaannya misalnya:
- From the text, we can learn that….
- From the text, we may conclude that….
- It is implied in the passage that ...
- It can be inferred from the passage that ...
- It is most likely that ...
- What probably happened ...
- The author implies that male workers ...
Adapun cara untuk menjawabnya bisa dengan membaca setiap pilihan jawaban dengan teliti lalu di ‘cross -check’ dengan informasi sejenis yang ada di dalam bacaan.
E. Jenis-jenis pertanyaan untuk menanyakan tentang informasi rinci tersembunyi (unstated detail questions) adalah:
- Which of the followings is not stated in the text?
- All of the followings are true except ….
- Which of the following is not mentioned ...
- Which of the following is not discussed ...
Jawaban atas pertanyaan semacam ini bisa ditemukan dengan membaca setiap pilihan jawaban dengan teliti lalu di ‘cross -check’ dengan informasi sejenis yang ada di dalam bacaan.
F. Pertanyaan tentang makna kata sesuai konteks/structural clues:
- The underlined word is closest in meaning to ….
- What is the meaning of ‘…’ ?
- What is the synonym of ….?
- What is the antonym of ….?
- What is the meaning of “X” in line 7?
- The word “X” in line 7 is closest in meaning to ...
- The word “X” in line 7 could best be replaced by ...
- Look at the word “X” in the passage. X is probably ...
Bacalah kalimat yang mengandung kata tersebut dan hubungkan dengan kalimat sebelum atau sesudahnya untuk memperkirakan arti dari kata tersebut.
G. Pertanyaan-pertanyaan lain, misalnya tentang rujukan kata (pronoun referents).
- Pronoun ‘they’ in line … refers to ….
- What is the writer’s purpose in this passage?
- The word “them” in line 5 refers to which of the following?
- The writer uses it (line 22) to mean ...
H. Pertanyaan tentang attitude, opinion, purpose, dan tone
- What is the author’s purpose in this passage?
- What is the tone of the passage?
- The writer thinks that mini -markets can ...
Demikianlah contoh-contoh pertanyaan untuk meningkatkan reading comprehension siswa. Jika ada pertanyaan yang kurang mengerti silahkan ditanyakan.